Program Anti-Bullying di SMP PB Laboratorium UNP

Program Anti-Bullying

Pada tahun 2023, SMP Pembangunan Lab. UNP mengadakan sebuah program mingguan dengan tema "Anti-Bullying". Program ini mengajarkan murid-muridnya tentang bahayanya Bullying, cara-cara menghindari dan mencegah Bullying, dan lain-lain.


Apa itu Bullying?

"Bullying" adalah kata yang berasal dari bahasa inggris yang berarti "Perundungan".

Bullying (dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “penindasan/risak”) merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. dikutip dari www.kemenpppa.go.id

Penyebab perundungan

Penyebab perundungan tidak diketahui secara pasti, namun beberapa faktor dapat memicu terjadinya perundungan.

Disarikan dari Patient Info dan Verywell Mind, ada beberapa penyebab perundungan yang dilakukan oleh perundung, seperti:

  • Merasa tidak berdaya
  • Merasa tidak percaya diri
  • Memiliki keinginan untuk mengatur orang lain
  • Memiliki keinginan untuk mendapatkan sesuatu dari perundungan yang dilakukan
  • Mengalami perundungan di masa lalu Memiliki keinginan untuk meluapkan kemarahan atau rasa frustasi dari permasalahan yang dihadapi, seperti masalah keluarga atau di sekolah
  • Tidak mendapatkan pendampingan atau pengajaran yang tepat untuk lebih sensitif atau peduli terhadap perasaan orang lain
  • Terlalu sering menonton film atau memainkan permainan dengan adegan kekerasan
  • Mencoba untuk mencari perhatian dengan menjadi perundung karena merasa tidak diperhatikan
  • Memiliki posisi atau jabatan yang lebih tinggi dan tidak mampu menggunakannya secara bijak
  • Tinggal di masyarakat atau lingkungan yang kurang menghargai orang lain

Tentang Program Ini

Semua kelas, dari kelas 7 sampai 9 mengikuti program ini, pelajaran-pelajaran pada hari jum'at diganti oleh kegiatan mingguan ini.

Program ini dilaksanan dari jam 8:00 WIB - 11:40 WIB setelah kegiatan religius pagi. Setelah itu, semua murid pergi ke kelasnya masing-masing. Setiap kelas akan didampingkan oleh gurunya masing-masing.

Kegiatannya dimulai dengan do'a pagi bersama-sama. Lalu, siswa-siswi dan guru-guru memulai kegiatannya.

Pada jam 9:00 WIB, semua peserta, termasuk guru pergi istirahat, murid-murid pergi istirahat ke kantin sekolah. Setelah istirahat selesai semua peserta kembali melaksanakan kegiatan. Pada sekitar jam 11:40 WIB, kegiatan selesai dan akan dilaksanakan minggu depan lagi.

Kegiatan-Kegiatan Yang Dilakukan Program Ini

Setiap Jum'at, SMP Pembangunan melaksanan program Anti-Bullying untuk mengajarkan murid-muridnya tentang Bullying dengan melakukan beragam macam kegiatan, seperti:

  • Menulis cerita tentang pengalaman Bullying pada kita ataupun yang pernah terjadi kepada teman
  • "One Day One Thousand Words", kegiatan menulis sebuah buku cerita dengan tema ini, fiksi maupun non-fiksi
  • Dan lain-lain

Menulis Pengalaman Perundungan

Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan di program ini. Murid-murid menulis pengalamannya tentang perundungan yang terjadi di sekitar dia, baik yang terjadi kepada dia sendiri, maupun kepada temannya atau orang lain yang pernah di lihat.

One Day One Thousand Words

Kegiatan ini yang sedang dilaksanakan sampai sekarang (22/8/2023), dan masih di lanjutkan. Dalam kegiatan ini, murid-murid akan menulis sebuah "buku", dengan bab-bab yang sudah ditentukan oleh guru, dengan tema "Perundungan".

Peserta boleh menulis ceritanya fiksi, atau non-fiksi. Semua cerita yang ditulis oleh semua murid akan digabungkan dan dijadikan satu buku, berisi semua cerita yang sudah ditulis.


Dari mulainya program ini sampai dengan saat aku menulis blog ini (Selasa - 22/8/2023), masih belum banyak kegiatan yang dilakukan jadi belum banyak yang bisa di tulis didalam blog ini. Terimakasih untuk membaca!

Penulis: Mawlana Barik Insani, kelas IX.C

Comments